Kunjungan ke Balawista Pantai Kuta Denpasar Bali

Denpasar, 1 Agustus 2022 Program Studi S-1 Keperawatan PSDKU Universitas Padjadjaran Kampus Pangandaran disela-sela kegiatan study banding menyempatkan mengunjungi Badan Penyelamat Wisata Tirta atau yang akrab dikenal dengan Balawista di pantai Kuta Denpasar, Bali. Saat dikunjungi, petugas Balawista tampak bersiaga di pinggir pantai dengan papan surving untuk memberikan pertolongan. 

Ketua Program Studi S-1 Keperawatan PSDKU Universitas Padjadjaran Kampus Pangandaran Dr. Siti Yuyun Rahayu Fitri, S.Kp., M.Si. dan Staf Dosen Donny Nurhamsyah, S.Kep., Ners., M.Kep mewawancarai petugas Balawista yang bertugas terkait dengan langkah-langkah yang dilakukan saat terjadi kecelakaan di pantai. Dari jawaban yang diberikan oleh petugas, tampak petugas Balawista memang sudah terlatih memberikan pertolongan sesuai dengan ketentuan yang ada.

Bahkan ketika ditanyakan ketika terdapat korban tidak sadarkan diri, tindakan apa yang akan dilakukan, petugas menjawab dengan melakukan CPR. Petugas tampak mempraktikan tata cara melakukan CPR yang sesuai.
Hasil diskusi ini memberikan masukan kepada Program Studi S-1 Keperawatan PSDKU Universitas Padjadjaran Kampus Pangandaran untuk memperkuat pengembangan kekhasan Program Studi dalam hal Keperawatan Pariwisata.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *