Foto bersama antara Program Studi S-1 Keperawatan PSDKU Universitas Padjadjaran Kampus Pangandaran dengan PSIK Universitas Udayana Bali

Program Studi S-1 Keperawatan di PSDKU Unpad K. Pangandaran yang telah terakreditasi B oleh LAM-PTKes ini mengangkat Health Tourism sebagai kekhasan program studi. Health Tourism memiliki makna bahwa tujuan orang datang ke suatu wilayah untuk mendapatkan layanan kesehatan (Liang et al., 2017). Hal ini dapat menjadi sebuah peluang karena PSDKU Unpad K. Pangandaran berada di daerah tujuan wisata domestik maupun mancanegara. Selain untuk menjadikan ciri khas Program Studi S-1 Keperawatan yang ada di Kampus Pangandaran, pengaplikasian Health Tourism dalam kurikulum kekhasannya dapat meningkatkan peluang kerja sama internasional.
Untuk mensukseskan berjalannya kurikulum kekhasan ini, pada tanggal 3-4 Agutus 2022 Program Studi dirasa perlu melakukan studi banding ke institusi dengan program studi yang telah menerpakan kekhasan serupa. Berdasarkan kajian yang dilakukan, salah satu institusi yang program studinya telah menjalankan program serupa yaitu Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana Denpasar, Bali.
Kegiatan studi banding ke Universitas Udayana ini diwakili oleh Ketua Program Studi Dr. Siti Yuyun Rahayu Fitri, S.Kp., M.Si. dan Staf Dosen Program Studi S-1 Keperawatan PSDKU Unpad Kampus Pangandaran Donny Nurhamsyah, S.Kep., Ners., M.Kep. Kegiatan ini turut disambut oleh Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Staf Dosen, dan Seluruh Staf PSIK, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana.
Kegiatan studi banding ini membawa beberapa kesepakatan kerja sama diantaranya Program Studi S-1 Keperawatan PSDKU Unpad Kampus Pangandaran dapat mengembangkan kurikulum kekhasan dengan lebih baik dengan beberapa output meliputi Program Kerja Sama antara Program Studi S-1 Keperawatan PSDKU Unpad Kampus Pangandaran dengan Program Studi S-1 Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Udayana, pengembangan RPS berbasis OBE terkait Keperawatan Pariwisata, pelaksanaan kegiatan ilmiah nasional terkait Keperawatan Pariwisata, dan pengembangan jurnal ilmiah yang berfokus kepada pengembangan Keperawatan Pariwisata di Indonesia.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *